Ibrahim Asmoroqondi

Petunjuk makam Mualana Ibrahim Asmoroqondi

Di usia yang cukup, Ibrahim al-Asmar [1] berkelana hingga sampai ke Kerajaan Champa [2] dan menetap di sana hingga ia mampu masuk ke dalam istana kerajaan. Saat berhasil masuk ke dalam istana, Raja Champa bertanya kepadanya,

“Wahai Darwisy [3], siapa namamu dan apa maumu masuk ke istanaku ini?”

“Namaku Ibrahim, hajatku menemuimu wahai paduka adalah aku ingin mengajak engkau untuk menyembah Allah semata. Dan memeluk agama Nabi Muhammad saw yang suci. Dengan mengucapakan dua kalimat syahadat, أشهد أن لا إله إلاالله وأن محمدا رسول الله” jawab Ibrahim.

Mendengar hal itu, sang Raja tertarik dan menyatakan memeluk agama Islam. Diikuti kemudian oleh keluarga, anak, kerabat dan masyarakat setempat. Raja instruksikan masyarakat untuk menghancurkan berhala-berhala yang ada. Mendirikan masjid-masjid untuk berdekat diri kepada Allah swt. Mendekati Ibrahim dan menyayanginya.

Raja Champa memiliki tiga anak, 1) Ratu Martaningrum (versi lain, Dewi Darawati) yang merupakan istri raja Brawijaya [4] di Majapahit pulau Jawa. 2) Dewi Condrowulan. 3) Raden Cengkara sang Putra Mahkota.

Ibrahim al-Asmar dinikahkan oleh raja Champa dengan putrinya yang bernama Dewi Condrowulan. Wanita cantik bangsawan dan pintar.

Dari pernikahan ini lahir tiga anak, 1) Raden Pandhita, 2) Raden Rahmat, 3) Dewi Zainab.


[1] Dikenal juga dengan Maulana Ibrahim Asmara dan Makdum Ibrahim Asmara. Yang oleh orang Jawa sering diplesetkan menjadi Maulana Ibrahim Asmorokondi. Dimakamkan di Desa Gisikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

[2] Kerajaan yang pernah menguasai daerah yang sekarang adalah Vietnam Tengah dan Selatan. Diperkirakan pada abad ke-7 sampai dengan 1832.

[3] Adalah orang yang memandu asketis muslim sufi ke sebuah susunan atau tarekat, yang dikenal karena kesederhanaan mereka.

[4] Adalah raja Prabu Kertawijaya dengan gelar Abhiseka Wijaya Parakramawardhana. Memerintah pada 1447-1451 M.

Share Kebaikan!:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assalamualaikum
1
Butuh bantuan?
Ada yang bisa kami bantu?