Kelas-kelas Umat Nabi Kelak; Anda Bagian Mana?

Keistimewaan yang  juga Allah berikan kepada umat ini secara umum adalah angerah rahmat spesial. Dalam al-Quran, Allah mengingatkan:

{ ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ (32)

“32. Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan.  Dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.”

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤًا وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ (33)

“33. (Bagi mereka) surga Aden, mereka masuk ke dalamnya. Di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera.”

وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنَّا الْحَزَنَ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ (34)

“34. Dan mereka berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan Kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri”.

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ (35)} [فاطر: 32 – 35]

“35. Yang menempatkan Kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya Kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.” (QS. Fâthir: 32-35)

Klasifikasi Umat Islam

Artinya, sebagaimana yang kita pahami dari ayat yang digaris-bawahi, Allah membagi umat Islam menjadi tiga bagian:

Pertama, adalah orang-orang yang menganiaya diri mereka sendiri. Maksudnya adalah kaum Muslim yang melakukan sebagian apa yang diwajibkan oleh Allah atas mereka, namun juga melakukan maksiat. Dengan kata lain, kelompok ini di samping berbuat dosa juga berbuat baik. Tergantung isi hati, kalau malaikat datang, ya berbuat taat. Sebaliknya kalau sedang dikuasai setan, ya berbuat maksiat. Tergantung yang mana dulu yang datang. Inilah yang dimaksud, [ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ].

Kedua, adalah orang-orang yang tengah-tengah alias moderat. Yaitu kaum Muslim yang melaksankan kewajiban plus mampu meninggalkan larangan. Tapi, sebagian kesunahan ia sesekali ia tinggalkan, kemakruhan dia laksanakan. Inilah yang dimaksud ayat, [وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ].

Ketiga, adalah kaum yang selalu berbuat baik atas izin Allah. Artinya dia melakukan apa yang diwajibkan, meninggalkan apa yang diharamkan, yang mubah dan makruh serta melaksanakan apa yang disunahkan. Pokoknya komlit, tapi hal ini atas kehendak Allah dan seizinnya. Ini yang dimaksud, [وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ].

Baca Juga: Revisi Hukum Berat

Nah setelah kita memahami istilah-istilah dalam ayat ini, perlu kami sampikan bahwa setiap golongan dari ketiga bagian ini mendapat rahmat spesial dari Allah –‘azza wa jalla. Berikut penjelasannya:

Jaminan Allah

Sebagaimana yang disampaikan oleh sang penafsir ulung, Shahabat Abdullah bin Abbas -radhiyallahu ‘anhu: “Mereka yang berbuat baik atas izin Allah (وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ) masuk surga tanpa dihisab oleh Allah. Bagi yang moderat (مُقْتَصِدٌ) mereka masuk surga dengan rahmat Allah. Dan bagi yang menganiaya diri mereka sendiri (ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ) akan masuk surga dengan syafaat Nabi Muhammad –shallal-Lâhu ‘alaihi wa sallam.”

السَّابِقُ بِالْخَيْرَاتِ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ، وَالْمُقْتَصِدُ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ بِرَحْمَةِ اللهِ وَالظالِمُ لِنَفْسِهِ وَأَصْحَابُ الْأَعْرَافِ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ بِشَفَاعَةِ مُحَمَّدٍ» . { المعجم الكبير للطبراني (11/ 189)}

Dalam riwayat lain, dan ini yang paling pas sebagai tafsir ayat ini, Imam Ahmad juga menyebutkan satu hadis,

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ” قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: {ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللهِ} [فاطر: 32]

Dari Abu Darda’ –radhiyal-Lâhu ‘anhu: “Aku mendengar Nabi –shalla-Lâhu ‘alaihi wa sallam, bersabda: ‘Allah –‘azza wa jalla, berfirman: ‘Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan.  Dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah’.

فَأَمَّا الَّذِينَ سَبَقُوا بِالْخَيْرَاتِ ، فَأُولَئِكَ الَّذِينَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ، وَأَمَّا الَّذِينَ اقْتَصَدُوا، فَأُولَئِكَ يُحَاسَبُونَ حِسَابًا يَسِيرًا،

“Orang-orang yang Sâbiq bil-Khairât akan masuk surga tanpa dihisab. Orang yang tengah-tengah akan dihisab sebentar”

وَأَمَّا الَّذِينَ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ، فَأُولَئِكَ الَّذِينَ يُحَاسَبُونَ فِي طُولِ الْمَحْشَرِ، ثُمَّ هُمُ الَّذِينَ تَلَافَاهُمُ اللهُ بِرَحْمَتِهِ، فَهُمُ الَّذِينَ يَقُولُونَ: {الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنَّا الْحَزَنَ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ} [فاطر: 34] ، إِلَى قَوْلِهِ، {لُغُوبٌ} [فاطر: 35] “

“Dan Orang yang zalim, mereka akan dihisab begitu lama di padang mahsyar hingga pada akhirnya Allah membatalkannya dengan rahmat-Nya. oleh karena mereka setelah itu berdoa: ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan Kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan Kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya Kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”.

Kesimpulan

Subhanal-Lâh, betapa mulia umat ini, kesemuanya dikasihani oleh Allah –‘azza wa jalla, bahkan kepada yang lalim terhadap diri mereka sekalipun (tidak begitu patuh kepada Allah). Apa yang kami sebutkan di atas hanya khusus bagi Umat Nabi Muhammad –shallal-Lâhu ‘alaihi wa sallam. Maka berbanggalah dan berbenahlah, supaya kita tidak malu di hadapan Rasulullah kelak.

SantrehMloko/Mlokopedia.com

Share Kebaikan!:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assalamualaikum
1
Butuh bantuan?
Ada yang bisa kami bantu?