Tentang

bustanul-ulum-mlokorejo
PP. Bustanul Ulum Daltim Mlokorejo
PP. Bustanul Ulum Daltim Mlokorejo

Profil
Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Puger Jember bertempat di Jl. K.H. Abdullah Yaqien no 1-5 Desa Mlokorejo, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur. Secara legal lembaga ini resmi didirikan oleh K.H. Abdullah Yaqien  (Alm)  pada tahun 1943 yang pada awalnya dirintis oleh K.H. Harun (Alm) dan diteruskan oleh K.H. Irsyad Hasyim (Alm).

Nama Pondok Pesantren adalah Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo, yang mempunyai yayasan  yang bernama Yayasan Wakaf Sosial Pendidikan  Islam  (YWSPI). Pendiri Pondok Pesantren ini adalah K.H. Abdullah Yaqien yang didirikan pada tahun 1943.

Kategori Pondok Pesantren Bustanul Ulum adalah Salafiyah (Salaf) dan Amiyah (Umum), dan status Pondok Pesantren adalah Pusat. Status yang ditempati   Pondok Pesantren adalah tanah Wakaf yang memiliki luas sekitar 18.719 m2.

Riwayat Pengasuh:
1. K.H. Harun
2. K.H. Irsyad Hasyim

3. K.H. Abdullah Yaqien
4. KH.  Syamsul Arifin Abdullah (Pesantren Pusat), KH. Abdul Hamid Abdullah (Pesantren Kasiyan) dan KH. Abdul Halim Abdullah (Pesantren Mlokorejo Timur)

Pendidikan
Pada awal sistem pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo menggunakan paradigma lama yaitu Sorogan yang berupa halaqah di musholla yang sesuai dengan tren mode edukasi saat itu. Seiring perkembangan zaman yang menuntut agar setiap insan memiliki  dua aspek ilmu yaitu ilmu duniawi yang memberikan gambaran kesuksesan hidup dan ilmu ukhrawi yang memberikan lapangan operasi yang efeknya  mencakup pada kehidupan setelah kematian. Maka, pondok pesantren  Bustanul  Ulum  Mlokorejo menggelar pendidikan formal dan non-formal.

Share Kebaikan!:
Assalamualaikum
1
Butuh bantuan?
Ada yang bisa kami bantu?